Breaking News
Loading...

Info Post
Sapi American Barahman atau dsering disebut dengan nama sapi brahman, merupakan bangsa sapi yang dibentuk di Amerika Serikat dari hasil persilangan empat bangsa sapi India, yaitu: Nellore (ongole), Kankrey, Khrisna dan Gir. Bentuk spesifik sapi brahman adalah adanya kelasa yang cukup besar melampui bahu, kulit yang menggantung dibawah kerongkongan dan gelambir yang panjang, serta mempunyai kaki panjang yang menggantung. 

Sapi brahman dapat beradaptasi dengan baik didaerah tropis, didaerah yang banyak serangan serangga dan curah hujannya rendah. Di Australia, Sapi Brahman secara komersial jarang di ternakkan secara murni, tetapi banyak disilangkan dengan sapi Hereford-Shongthorn (HS). HAsil persilangan ini terkenal dengan sebutan Sapi Brahman Cross (BX). Hasil persilangan ini terkenal dengan nama Sapi Brahman Cross (BX).

Sapi ini biasanya diseleksi terhadap kecepatan pertumbuhan dan daya tahan terhadap caplak, tetapi tidak diseleksi terhadap warna bulu. Sapi brahman Cross (BX) mengandung proporsi darah Brahman 50%, Hereford 25% dan Shortorn 25 %. Sapi BX mempunyai bentuk luar antara  sapi brahman, hereford dan Shorthorn, sedangkan mirip mana tergantung darah yang dominan. Nama dagang dari sapi brahman cross adlah Australian Commercial Cross (ACC) yang banyak di Impor ke Indonesia sebagai sapi kebirian (steer) yang digunakan sebagai sapi bakalan untuk usaha penggemukkan.