Breaking News
Loading...

Info Post
Dalam usaha breeding atau pembibitan sapi potong, kualitas induk dan pejantan yang digunakan sangat berpengaruh terhadap keturuna yang di hasilkan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain:

  1. Pemilihan breed atau bangsa pejantan dan betina yang akan digunakan dalam breeding. Bangsa yang digunakan harus harus sesuai dengan tujuan usaha, karena secara genetik, kemapuan ternak bervariasi. MIsalnya sapi untuk tujuan produksi daging, berbeda dengan untuk tujuan kerja, tujuan produksi susu dan sebagaiannya. Selanjutnya dalam memilih bangsa sapi, yang penting juga memperhatikan besar kecilnya ukuran tubuh ternak, terutama dalam usaha kawin silang, jangan sampai menimbulkan kesulitan pada saat beranak karena kesalahan dalam memilih pejantan sehingga berat lahir anak terlalu besar.
  2. Melihat catatan silsilah/pedigree. Catatan mengenai prestasi tetuanya, berat lahir, berat sapih, Average Daily Gain (ADG), berat umur 1 tahun dan lain-lain.
  3. Penilaian bentuk luar (dengan judging). Dalam judging, ada bagian-bagian tubuh ternak yang mendapat penilaian lebih tinggi sesuai dengan tujuan.