Breaking News
Loading...

Info Post
Sapi potong di indonesia mempunyai peranan yang sangat penting. Selain sebagi penyedia protein hewani bagi masyarakat, sapi potong juga memainkan peranan penting  dalam kehidupan petani/peternak di daerah pedesaan, yakni sebagai tabungan yang sewaktu-waktu dapat di jual untuk berbagai keperluan, penyedia manure/pupuk dapat kandang yang dapat menyuburkan lahan pertanian, penyedia tenaga kerja untuk mengolah lahan, serta pemanfaat sisa hasil pertanian seperti jerami padi, jagung, kacang tanah, dan lain sebagainya. Dilihat dari peran gandanya, keberadaan sapi potong sangat mendukung kehidupan ekonomi keluarga peternak.

Disisi lain, seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, kebutuhan akan daging dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Sementara itu, populasi sapi potong di Indonesia tidak mengalami peningkatan yang berarti, sehingga pemerintah masih perlu mengimpor sapi dan daging dari luar negeri. Melihat dari permasalahan tersebut, sesungguhnya sapi potong masih berpotensi cukup besar untuk dikembangkan.

Di Indonesia, 90% sapi potong berada ditangan para peternak di daerah pedesaan, dengan kepemilikan 2-5 ekor untuk setiap peternak. SApi potong di budidayakan oleh peternak secara usaha tani dengan pola integrasi dengan tanaman pertaniannya.Pola pemeliharaan sapi potong masih bersifat tradisional dan sederhana, padahal tata pemeliharaan yang baik menjadi kunci pokok dalam keberhasilan pengembangan sapi potong.

Pada umumnya peternak memelihara sapi potong untuk digemukkan (fattening) dan dikembangbiakkan/dibibitkan (breeding). Pada pola penggemukkan, hasil yang akan di capai adalah perolehan pertambahan berat badan harian atau average daily gain (ADG) yang tinggi. Pada pola breeding, hasil yang diharapkan adalah perolehan anak sapi atau pedet yang berkualitas.

Pada daerah-daerah tertentu, sapi potong juga digunakan sebagai ternak kerja untuk menarik bajak, garu atau gerobak. Selain mampu bekerja pada lahan yang sangat sempit dan tidak efisien apabila dikerjakan oleh hand tractor, ternak kerja juga mampu memngurangi pemakaian BBM dan polusi udara.

Hasil samping dari pemeliharaan sapi potong adalah mature yang dapat dijual atau digunakan sebagai pupuk organik bagi tanaman pertanian. Pupuk organik merupakan pupuk yang bernilai sangat tinggi, dan bermanfaat bagi tanah dan tanaman apabila telah diolah dengan baik.

Untuk mendapatkan ADG yang optimal maupun pedet yang baik, serta kegunaan hasil samping yang dari sapi potong yang lain, maka tata laksana pemeliharaan yang baik dan efisien harus sungguh-sungguh diperhatikan. Selain itu diperlukan perencanaan usaha secara matang dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia dan potensi pasar yang baik, sehingga pendapatan yang diperoleh optimal.

Tata laksana pemeliharaan sapi potong meliputi pemilihan bibit/bakalan, perkandangan, pengelolaan pakan, pengelolaan reproduksi (untuk tujuan
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.