Breaking News
Loading...

Info Post
Dinding kandang harus dibuat sesuai dengan komoditas ternak yang akan dipelihara. Dinding kandang sebagai penahan angin secara langsung dan harus dibuat tidak mudah lepas dan harus kuat. Bahan dapat dari kayu, bambu atau tembok.

Atap kandang sebaiknya menggunakan bahan yang kuat, tidak menyerap panas dan harga bahannya terjangkau. Tinggi atap harus lebih tinggi dari manusia, terutama jika kandangnya lebar melebihi kemampuan tangan meraih bagian dalam kandang. atap dapat terbuat dari berbagai macam bahan, seperti genting, daun alang-alang, daun rumbia, daun kelapa, asbes dan seng.

Bahan mana yang dipilih tergantung dari segi ekonomis bahan, keawetan dan kenyamanan bagi ternak. Pemakaian seng dan asbes tidak dianjurkan, karena akan menaikkan suhu udara didalam kandang, sehingga ternak akan merasa kehausan, nafsu makan turun dan ternak akan lebih banyak minum daripada makan.Genting merupakan salah satu bahan atap yang sering digunakan, karena harganya relatif murah dan tahan lama serta tidak menyerap panas.

Tinggi atap juga perlu diperhatikan, karena sangat berperan dalam pengaturan suhu didalam kandang sehingga dapat mengurangi stres pada sapi. Untuk mendapatkan pertukaran udara yang baik, atap sebaiknya dengan ketinggian 3 M degan sudut kemiringan 30 derajat. Atap hendaknya dibuat dapat melindungi tempat pakan dari sinar matahari dan hujan.