Breaking News
Loading...

Info Post
Kembung perut adalah keadaan rumen yang membesar akibat penimbunan gas yang tidak dapat cepat keluar, sehingga rumen tidak berfungsi normal. Tanda-tandanya adlah lambung sebelah kiri membesar/bengkak dan kencang, jika dipukul berbunyi. Pada kasus yang berat, sapi sering kencing dan buang kotoran, pernapasan berat dan sapi sangat menderita. 

Penyakit ini disebabkan karena sapi merumput pada padang penggembalaan yang masih basah oleh embun pagi atau karena pakan yang diberikan (konsentrat) terlalu halus dan kurang hijauan. Terlalu banyak makan hijauan jenis leguminosa  (kacang-kacangan) juga dapat menyebabkan kembung perut.

Pengobatan diberi minum 110 gr minyak nabati, minyak parafin atau diberi obat anti bloat. Kalau sudah parah, dilakukan pemasukan pipa atau selang kedalam mulut atau penusukan trokar atau kanula pada perut sebelah kiri (bagian belakang rusuk yang terakhir). Pencegahan diberi tambahan hijauan sampai 15% dari bahan kering pakan, konsentrat jangan terlalu halus dan diberi hijauan dicacah agak kasar.